πŸŽ‚☕Ngopi Cantik Beautiesquad #3-BS Birthday☕πŸŽ‚

Assalamualaikum temen-temen..
😊😊😊😊😊
Yuhuuu..  Aku datang Lagi nih..
Hihihi  ..
Pada kangen kan sama aku..
Hehe maap ya kepedean.   πŸ˜‚πŸ˜‚


  Kali ini aku mau post blog seputar Beautiesquad..  Kalian yang suka makeup pasti tau Beautiesquad kan atau pernah liat gitu kan di instagram. Apalagi  yang punya blog atau channel yutub  pasti ga asing lagi kan sama nama Beautiesquad.

Eiitssss kalian tau Beautiesquad tau engga itu apaan???

  Pasti banyak kan dari kalian yang  sering denger atau sering liat akun Beautiesquad tapi engga tau apa itu Beautiesquad. 

Hayooo ngaku siapa ini???
πŸ™‹πŸ™‹πŸ™‹saya...

Wkwkwk.. Iya gw sendiri..


   Tau akun IG nya tau grup FB nya tapi belom paham Beautiesquad itu apaan.
Pernah ikut collabnya sekali engga bikin gw ngerti apa itu Beautiesquad .. Wkwk
Iya aku mah gitu orang nya..  πŸ˜‚πŸ˜‚
Maapin yak.. πŸ˜πŸ™

  Nah dalam rangka Beautiesquad firsh anniversary,  Beautiesquad ngadain acara untuk para blogger loh namanya Ngopi Cantik special eps Beautiesquad 101 . Wah special loh klo ini martabak mah telornya 2. Hehehe..  Kalo udah spesial gini mah pastu seru dong..


   Buat blogger yang udah ikutan  Ngopi Cantik Beautiesquad bisa berbagi buat kalian yang  engga  punya Blog  tapi kepo sama Beautiesquad. Sekaligus bisa motivasi  kalian buat yang engga  Punya blog bisa punya blog kyak para blogger yang lain. Enggak harus jago nulis kok. Kalo kalian mau pasti bisa , engga usah minder sama hasil tulisan kalian yang penting mau belajar dan terus berkembang. 


Padahal gw termasuk orang yang minder sama tulisan sendiri loh dulu..  Wkwkw
Balik lagi ke topik utama..

Nah Ngopi Cantik Beautiesquad ini beda loh sama ngopcan yang lain. Karena Ngopi cantik ini di adain di grup Whatsapp bedakan sama  gopcan pada umumnya..


😈: Trus kalo di Whatsapp gimana dong cara ngopi nya kan ga bisa diminum? Hehe

πŸ˜‡: Ya ga usah di minum lah gaes pake aja  emot kopi yang ada di Whatsapp.... kan sama sama ada kopinya. Karena acara ini tujuannya bukan hanya sekedar ngopi tapi juga untuk berbagi ilmu sama para blogger tentang Beautiesquad dan tentang blog. Belajar kan bisa dimana aja engga harus bertatap muka. Iya nggak sob? lebih berfaedah kan acaranya..  πŸ˜‰πŸ˜‰

😈: Trus kenapa namanya Ngopi cantik klo engga ngopi beneran?.

πŸ˜‡: Ya terserah yang ngasih nama lah namanya juga biar unik kan..  😏😏
Oh iya nih gaes, walaupun ngobrolnya cuma di whatsapp, ini kyak ketemuan langsung gitu loh jadi ada Mc sama pengisi materinya gitu.  Serukan gaes jadi berasa ketemu langsung sama orang"nya.

😈: Trus trus apa sih isi dari obrolanya?

πŸ˜‡:  Sabar dulu ya udah kepo ya..



    Pertama aku mau jelasin dulu nih sistem acara nya seprti apa. Jadi emg tadi seperti yang aku bilang ada MC dalam obrolan ini ada MC 1 Rahma dan MC 2 Liana. Lalu nanti juga ada pengisi materinya yaitu Vina Eska. Vina bakalan ngisi materi seputar Beautiesquad. Selain itu ada sesi tanya jawab juga loh. Jadi yang masih bingung sama materi yang dikasih atau pengen tau lebih banyak di luar materi bisa loh. Dan bakalan dijawab langsung sama Vina.

  Yuk lah kita bahas aja acara Ngopi Cantik Beautiesquad nya dari pada di amuk masa kebanyakan cerita.. Hihi

   Di awal acara seperti pada umumnya di bawakan oleh si MC 1 yang menjelaskan rules dan susunan acara gaes.  Kemudia acara langsung dipindah tangan ke si pengisi materi.  Yupp ole Vina Eska..

  Nah disitu Vina eska mengawali dengan perkenalan diri dan menceritakan perjalanan di sebagai blogger sampai akhirnya bisa gabung di Beautiesquad.
  Setelah itu Vina menjelas kan apa itu Beautiesquad. Kali aku ini jelasin secara rinci ya isi materi dari Vina. Biar kalian enggak bingung.

Apasih itu Beautiesquad? πŸ˜•

  Beautiesquad merupakan komunitas beauty blogger dari berbagai daerah di Indonesia yang memiliki tujuan menyatukan para beauty blogger Indonesia pada wadah yang sama untuk belajar dan berkembang bersama. Didirikan pada November tahun lalu.


πŸ™Ž: oh gitu, terus terus gimana ceritanya tuh bisa kebentuk

Kepo yah?  Kepo banget  apa kepo aja?  HeheπŸ˜…πŸ˜…


   Jadi, November tahun lalu, founder utama Beautiesquad , Virly beserta 2 founder lainnya, yaitu Nisa dan Liana ingin membuat sebuah group chat untuk beauty blogger. Sempat kok di post di group IBB waktu itu. Awalnya didirikan dengan nama *Beauties* saja, namun berganti menjadi *Beautiesquad*.

   Pemilihan nama ini juga bukan ikut tren squad nya Jedar loh. Karena kita kan beauty blogger lebih dari 1 orang, jadi dikasi nama “Beauties” dan sebagai menguatkan ini adalah komunitas, ditambahkan “Squad”. Lalu 2 kata itu digabungkan menjadi “Beautiesquad”.

πŸ™Ž: hmm. ,,Emang kapan sih terbentuk nya Beautiesquad?

  Sebagai penetapan adanya komunitas Beautiesquad, tanggal 23 November 2016 merupakan hari dimana kolaborasi makeup pertama Beautiesquad dengan tema Smoky Eyes. Di hari itu juga, ditetapkan sebagai hari dimana komunitas ini didirikan.

 Pada masa awal terbentuknya, BS (singkatan Beautiesquad) menerima semua orang. Yang gak punya blog, yang cuma mau chat aja, yang maunya mencari teman sejawat, dan lainnya. Di awal 2017, BS membentuk kepengurusan dan memutuskan bahwa semua member harus memiliki blog agar sesuai dengan visi dan misi BS.

 Beautiesquad pertama kalinya bekerjasama dengan brand Inez yang cukup menggemparkan dunia blogger saat itu. Banyak yang ingin bergabung dengan BS. Karena suatu dan lain hal, para pengurus mengambil keputusan untuk memiliki group FB sebagai wadah Beauty Blogger lainnya agar bisa sama – sama berkembang.

  Selama itu , BS mulai gencar bekerjasama dengan brand – brand lain. Gak hanya memberikan kesempatan kepada member inti Whatsapp, tapi juga beberapa kali memberikan kesempatan kepada member Facebook untuk mendapatkan sponsor. Kepengurusan BS juga melakukan reshuffle di pertengahan tahun yang kalian tau strukturnya sampai saat ini. Membuat beberapa program seperti Ngopi Cantik, Collab secara kontinyu, dan mengarahkan member Facebook Group agar sesuai standar blogger dan BS sendiri sehingga bisa masuk sebagai member WA inti.

  Tentu BS gak akan berhenti sampai situ saja, banyak proker yang akan dilaksanakan kedepannya. Semua yang dilakukan oleh BS demi perkembangan para member kearah yang lebih baik.

Oh iya guys..

  Beautiesquad juga punya visi misi yang membangun banget loh..  Ini dia visi dan misi nya.
*VISI DAN MISI BEAUTIESQUAD*
Visi :
  1. Menjadi pionir beauty micro influencer berkualitas di Indonesia
  2. Menjadi wadah berkembang bersama para beauty blogger dan beauty influencer

Misi :
  1. Menemukan talent-talent baru dan mengarahkan mereka menjadi beauty blogger yang berkarakter dan bertanggungjawab melalui agenda Ngopi Cantik yang digelar tiap dua bulan.
  2. Menjadi jembatan antara beauty micro influencer dengan brand.
  3. Menjadi wadah berkreasi para beauty blogger melalui makeup collab yang rutin digelar tiap bulan
  4. Menjadi referensi bagi para beauty enthusiasts ketika mencari apapun yang berhubungan dengan beauty melalui website kami (soon).



 Setiap komunitas pasti ada pengelolah nya kan apa lagi komunitas yang udah punya visi dan misi kece kayak di atas itu tuh. Awalnya orang- orang yang mengurus Beautiesquad di sebut dengan nama  Pengurus Beautiesquad. Namun setelah melakukan musyarawah antara pengurus dan member inti Whatsapp, mereka memutuskan untuk melakukan reshuffle. Yaitu pergantian nama  *Pengurus Beautiesquad* menjadi *Beautiesquad Officers*.

Kenapa diganti?

  Karena tujuan namanya adalah melaksanakan, bukan mengurus. Melaksanakan tugas sesuai visi dan misi BS kedepannya, bukan mengurus tugas.

Founder: Virly KA, Annisa Pertiwi, dan Liana Eka.

Main Founder of Beautiesquad: Virly KA. Tugas founder disini adalah mengambil keputusan cepat dan tegas demi kelancaran visi dan misi BS. Selain itu memantau officers melakukan tugas sesuai ketentuan.


  Untuk membantu Founder dalam mengemban tugas sesuai musyarawah kemarin, Beautiesquad memiliki Chief Officer baru yang jabatannya diisi oleh Vina Eska.  

Yay Congrats ya...  😘😘
Sebagai Chief Officer baru, tugasnya adalah melaksanakan visi dan misi yang sudah dibentuk oleh founder dan melaksanakan keputusan yang dibuat. Juga turut membantu founder dalam memantau progress kerja officers. Selain itu juga  memantau, membantu, dan memberikan para member semangat dalam menjalani dunia blogger.

Community Relations (CR) yang dulu bernama Public Relations. Ada Lia Melqha (Lia), sebagai pengganti Vina dalam jabatan supervisor.

Fuji Astyani (Fuji) sebagai sekretaris dan SEO Analysis.

Officers yang bertanggungjawab dalam divisi CR ada 3 orang: Liana Eka (Liana), Ariani Rosidi (Aya), dan Rahma Brilianita (Rahma). Tugas mereka selain menjembatani BS dengan brand, juga menjembatani para member dengan BS dan brand. Melakukan proker bulanan seperti collab, ngopi cantik, dan proker lainnya yang akan berjalan nantinya. Dan PR lah yang membantu aku dan founder memutuskan anak – anak Facebook group yang sudah lolos kriteria member BS inti Whatsapp. Wah harus baik baik nih sama mereka..  πŸ˜‚πŸ˜

Kemudian Social Media Squad (SM) yang dulu bernama Admin. Supervisor masih sama, yaitu Rani Lukman (Rani) dengan officers yang bertugas ada Devi Purwati (Devi), Khrairunnisa (Ica), dan Savitri Hutapea (Savitri). Tugas mereka memberikan informasi pada member melalui media sosial BS dan menjaga image BS di dunia maya. Walau kesannya gampang, menjadi SM Squad itu ternyata susah loh. Mereka harus memikirkan feed, caption, dan memantau insight.

Dan terakhir, Photo Editor Squad (PE) yang selalu main dibelakang layar. Supervisor nya adalah Raydita (Ray) dengan officers yang bertugas adalah Annisa Pertiwi (Nisa) dan Laudita Cahyanti (Lauchie). Tugas mereka adalah membuat design dari design collab sampai design feed. Tugas mereka juga sama beratnya dengan divisi lain, terutama saat collab. Jadi kalau misalkan PJ Collab suruh edit caption atau beberapa bagian tertentu dari foto kalian itu bertujuan memudahkan PE untuk mengedit.



πŸ™Ž:terus  terus  Beautiesquad punya program apa aja nih? Ada program yang berlanjut ga?  Atau cuma sesekali aja programnya

πŸ˜‡: ya ada dong..  Apa sih yang engga ada di Beautiesquad..  Hihi


    Yup...  Beautiesquad punya program yang berjalan secara kontinyu sampai saat ini adalah make up collab, sponsored review, dan ngopi cantik. Kedepannya, sesuai dengan misi BS, yang akan mengoptimalkan media sosial untuk dijadikan wadah berkembang bersama. Paling utama kita akan memaksimalkan stories di Intagram. Jadi kita memiliki plan membuat ngopi cantik versi mini setiap minggunya. Yang dibahas seputar dunia beauty dan blog. You can call it Instagram Take Over..
 Karena Beautiesquad adalah group blogger, untuk menjadi blogger yang baik, BS memutuskan untuk memiliki SEO Analysis. Fungsi adanya SEO Analysis adalah membantu kita mengetahui apakah blog member sudah sesuai kriteria SEO,baik dari template, penulisan, dan widget pendukunganya.
 Proker kedepannya merupakan pengembangan dari yang pernah dilakukan sebelumnya. Gak semua blogger memahami tampilan blog yang baik atau cara menulis yang SEO friendly. Jadi, untuk kedepannya BS berencana untuk membantu para member keluar dari kebingungan dan menjadi blogger yang lebih baik.
   Oh iya nih gaes..  Beautiesquad punya grup inti nih du Whatsapp. Grup inti maksunya gmana tuh? πŸ™Ž bingung  yah?  Nih dengerin penjelasan nya yuk..

  Group inti di Whatsapp merupakan blogger yang sudah masuk sebelum BS hits seperti saat ini. Semenjak kami menjadi closed group, baru 2 orang dari Facebook group yang lolos masuk group inti. Mereka sudah terbiasa menulis sesuai SEO, template mereka nyaman dilihat, dan disiplin waktu. 3 hal itu merupakan hal utama di BS. Officers sudah mengetahui kinerja para blogger group inti sehingga saat brand meminta nama – nama blogger, kami dengan berani memberanikan jaminan bahwa blogger kami menyanggupi keinginan sponsor.

    Nah apabila kami memasukkan anak baru tanpa melakukan seleksi, tentu officers yang kelabakan. Karena BS belum tau bagaimana kinerja si blogger baru. Apa sudah mengerti SEO, bagaimana cara menulis, bagaimana template nya, dan paling utama attitude nya? Nah itulah fungsinya Facebook group sebagai wadah berkembang bersama baik yang dari group inti dan bukan.
    Dari ratusan anak Facebook group gimana caranya menyaring? Salah satu kriteria anak group inti adalah *aktif* dan itulah yang kami terapkan juga di Facebook group. Kami mendeteksi para blogger aktif melalui collab yang selalu diselenggarakan setiap bulannya.
    Memang banyak anak Facebook group yang tulisannya bagus, lebih memiliki potensi, dan lebih terkenal. Tapi kalau gak mau memberikan kontribusi untuk BS kan sama aja bohong ya. Kita disini kan komunitas, gak cuma menerima, tapi juga harus memberikan kontribusi ke komunitas juga. Makanya kami hanya memberikan penawaran kepada yang aktif, bukan yang hits.

*Pertama, punya blog* Bukan sembarang blog. Blog nya harus memiliki template yang SEO friendly dan menarik. Tata cara menulis pun sesuai SEO dan enak dibaca, mulai jumlah kata, keyword, pemilihan kata dan tanda baca. Kalau kalian mau belajar lebih jauh masalah SEO, kalian bisa googling kok. Masalah ambil foto juga dinilai, apakah penataannya berantakan atau tertata.

*Kedua, Top Level Domain* Ini peraturan yang baru saja disahkan. Karena kedepannya Beautiesquad berencana untuk bekerjasama dalam bentuk paid sponsored, jadi TLD sangat diutamakan.


πŸ™Ž :Apa sih itu TLD?

πŸ˜‡:  Yang belakangnya gak ada embel – embel blogspot.com, atau wordpress.com, atau wix.com (?). Hanya .com, .net, .id, atau yang lainnya.

Dalam dunia blogging ada istilah DA PA , kalian bisa google masalah itu, dan kalau kalian sudah TLD, DA PA yang muncul adalah  milik blog kalian sendiri. Kalau masih free blog seperti blogspot atau wordpress, DA PA itu milik mereka, bukan blog kalian sendiri. Tingginya DA PA itu berpengaruh pada ketenaran blog kalian yang berimbas ke pendapatan kalian.

*Ketiga, minimal menulis tentang beauty 2x dalam sebulan di blog*Jadi yang di tulis harus seputar beauty ya gaes, namaya juga beauty blogger.

*Keempat, Disiplin dan memiliki attitude* Ini penting disini. Disiplin terhadap waktu pengumpulan foto collab atau link sponsor lah contohnya. Berkabar kalau ada hal yang gak terduga terjadi pas collab atau sponsor, paling gak 1x24 jam. Kecuali ada masalah mendadak, misalkan kecelakaan. Kalau masalah attitude, paling gak kalau kalian ada salah, harus berani minta maaf. Kalau bertanya, harus sopan, bukan nyolot. Gak melakukan plagiarisme.
Dan masalah disiplin dan attitude tidak kalian Cuma terapkan di BS, tapi juga saat datang ke event. Hormati penyelenggara, tepat waktu, sopan, dan memenuhi kewajiban yang diminta oleh penyelenggara. Karena itu bukan buat nama baik BS, tapi nama bailk kalian sendiri.

*Kelima, memiliki fanpage dan twitter selain Instagram* Untuk Instagram, BS menentukan standar yaitu 500 follower. Twitter paling gak 100 follower. Kenapa harus punya 3 sosmed itu? Ya balik lagi alasan syarat nomor 2. Selain itu 3 medsos tersebut bisa menjadi ladang trafik untuk kalian kalau kalian gunakan secara wise.

*Keenam, Aktif* Aktif bukan berarti menjilat ya. Aktif terlihat di group, aktif dalam sesi sharring.

*Ketujuh, Rajin Ikut Collab* kayak yang Vina bilang  tadi, gimana officers notice kalau gak ikut makeup kolaborasi. Kan dari sana cara kalian blogging, mempresentasikan sesuatu, dan lainnya di notice.

*Kedelapan, Lolos dari pandangan Community Relations, Chief Officers, dan Founder* Kalau menurutmu kamu sudah mengikuti semua hal diatas, tapi kenapa gak dipilih? Bisa jadi ada satu spec yang kamu lewati. Mungkin kamu kurang ber attitude, atau kamu suka telat, atau kamu nulisnya masih 4LaY, atau followernya beli.


Emang agak ribet sih syarat nya. Tapi kan bisa jadi motivasi kalian juga kan..  😏


    Karena BS ingin membuat kalian menjadi blogger yang baik sehingga bisa mendapatkan banyak benefit juga, kaya adsense, paid sponsored, free beauty box, dan lain sebagainya. Dan untuk brand, BS hanya memberikan blogger terbaik sesuai kebutuhan mereka.
     Oke materi seputar Beautiesquad nya udahan dulu ya.. Sekarang masuk sesi tanya jawab . Bagian ini di ambil alih lagi sama MC. Nah yang dapet giliran pertama Aulia Rizki nih.πŸ™‹"Jadi begini, apa member diluar inti WA jga bisa dpt projectan? Terus kalo salah satu dr ketiga sosmed enggak begitu aktif apa mempengaruhi kriteria/penilaian?πŸ€”"


Vina Eska: " Member selain WA bisa dapat project, namun akan dilihat dari keaktifan collab. Kaya kemarin aku  cari member FB untuk sponsor next month melalui collab. Jadi intinya harus aktif collab buat di notice sama Lia sekarang. Ketiga sosmed salah 1 gak aktif, sebisa mungkin diaktifkan ya".


Kemudian  pertanyaan kedua oleh Ainun 
πŸ™‹" Ada ga sih kak hambatan atau moment terbete saat para officer melaksanakan tugasnya?"

Vina : "ini dari aku ya. kalau aku jujur bangga sama kerja team ku. Bertengkar pasti ada, namanya juga untuk kemajuan kedepannya. kalau hambatan pasti masalah jarak dan waktu. Kita kan gak ngumpul di 1 tempat, jadi mau rapat harus tektok dulu. Harus ngatur semuanya biar bisa. Itu sih hambatan terbesar kita, cuma ya kita sampai saat ini masih bisa handle.
momen terbete aku ya?ketika gak ada yang baca brief ku πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ Maksudku daripada baca brief, selalu nanya berkali - kali itu jujur bikin aku bete."

    Jawaban di tambahin lagi nih sama Liana
"Aku masuk sedikit ya momen terbete, ada yg mau ijin telat dari deadline tapi mendadak udah di jam deadline itu, seperti yg dijelaskan tadi kita disini juga harus disiplin 😁"

  Next, Pertanyaan ketiga oleh Alma wahdie: πŸ™‹ "Dari pengalaman pernah ikut project BS. Biasanya kita daper brief yg udah sangat ngebantu banget.  Asli detail. Salah satu poin yg selalu ada di brief adalah nyantumin link sponsor (lebih dari 1 biasanya). Tp ga ada ketentuan perihal do follow dan no follownya. Sebenernya ketentuan dari BS sendiri gimana terkait backlink yg kita kasih itu? Wajib do follow kah? Dan apakah sifatnya permanen atau boleh di unlink setelah beberapa purnama?"

Vina Eska: "Jadi untuk collab, kita memang mewajibkan memakai link dofollow, untuk saling membantu sesama blogger masalah DA. Tapi untuk sponsored, kita gak mewajibkan. Biasanya kalau sponsore kita no follow. KECUALI itu adalah paid sponsored. Dan paid sponsored juga tergantung dari penulis sendiri masalah fee nya. Kalau misalkan ada,, itu ada surat perjanjiannya biasanya"

    Lanjut  pertanyaan kepertama di sesi ke2 tanya jawab oleh Via Ds: πŸ™‹"Hallo malem semuanya aku mau tanya nih kaVin salah satu kriteria masuk BS itu kan harus TLD, nah misalnya kaya aku kan baru pake TLD itu ada minimum harus udh berapa lama pake TLD nya kah? "

Vina Eska: " Engga ada minimun kok, yang penting minimal umur blog 6 bulan, nulis minimal 2x sebulan. terus sama syarat nomor 1 itu deh."
Lanjut lagi ya pertanyaan kedua di sesi tanya jawab ke2 oleh DemiaπŸ™‹ "Malam semua, pertanyaan aku, aku pgn di repost BS di IG, syarat nya apa ajaaa? "
Vina Eska: "Caranya adalah tag dan pakai tagar #beautiesquad . Namun ya gak menjanjikan untuk di repost saat itu juga karena kita kan perlu mengatur feed yang lain. Dan tema feed kita adalah pastel kedepannya, mungkin bisa membantu untuk memperbesar chance. Terus fotonya juga jelas, gak blur. Tertata rapi layout nya."
Pertanyaan terakhir di sesi tanya jawab ke2 oleh Mommy lim πŸ™‹"Bukan pertanyaan sih, tapi mau curhat dan saran. Kalau kalian (semua member BS) BW ke blog blogger lain apakah masih meninggalkan link atau alamat blog?
Aku lihat selama ini dalam BW banyak sekali beauty blogger yang meninggalkan komentar dengan link atau alamat blog nya. Dan itu rata rata beauty blogger, blogger niche lain ngga begitu. Mungkin karena banyak yang belum paham yah.
Mungkin BS Officer kedepannya bisa kasih materi tentang ini mungkin? Demi SEO DA PA GA beserta PV nya hehehe thank you"
Vina Eska: " makasi kak sarannya, aku juga masih ngelakuin ini sih. Tapi dalam keadaan link mati. Nanti kita akan pelajari lebih dan buka ngopcan untuk ini thank you. "

Yup  yup..
    Sesi tanya jawab sudah selesai nih, semua pertanyaannya juga udah di jawab sama Vina. Berarti tanda nya acara  Ngopi cantik Beautiesquad dengan tema Beautiesquad 101 sudah usai nih gaes.
Gimana nih gaes,  seru kan obrolan kali ini. Dan yang pesti berfaedah banget kan . Iya toh? Iya lah..  Wkwkkw

    Ayoo ayo kalian yang mau ikut collabnya atau mau ikut Ngopi cantik Beautiesquad dibikin Blognya dari sekarang. Atau ada yang mau masuk grup intinya? Wah itu gw juga mau Hehe ..tetap semangat yak.. tapi buat kalian yang mau masuk grup inti jangan karena mau dapet produk gratisnya aja ya.  Tapi juga karena kalian ingin menjadi blogger yang ingin terus berkembang. 

   Oh iya nih gaes buat para cewek cewek  yang demen banget sama belanja make up atau skin care, kalian bisa belanja online skincare dan makeup kalian tanpa ribet di toko online Nihonmart nih. Lagi banyak diskon loh disana. Hayo kalian yang lagi penghematan atau lagi nabung buat nikah (gw sih ini wkwk) tetep bisa kok ngerawat kulit kalian. Yuk boleh di cek di Nihonmart .

   Terimakasih gaes yang udah baca semoga tulisan saya bisa menghibur jomblo yang lagi kesepian, yang lagi nunggu kabar dari pacarnya, yang lagi nunggu LDR annya.  Hihi... 
   Yap dari pada obrolan kita nanti ngelantur kemana mana. Lebih baik gw akhiri tulisan ini. Jangan menyerah, tetap semangat  dan keep creative ya gaes..
😘😘

Wassalmualaikum..
And see you next post..  😘

Komentar

Postingan Populer